Formula Sugestif Yang Efektif

Salah satu kesalahan yang tipikal dilakukan oleh banyak orang, baik pemula maupun sudah bertahun-tahun belajar hipnotis, adalah memberikan sugesti yang tidak efektif. Padahal penanaman sugesti adalah bagian terpenting dalam proses terapi. Sekalipun tidak ada aturan benar atau salah dalam menyusun sugesti, tetap ada rangkaian formula tertentu yang jika diikuti dapat memberikan hasil yang efektif.

Sederhana dan mudah diingat.
Sesuaikan bahasa sugesti Anda dengan tingkat intelektualitas subyek Anda. Jika ia masih anak kecil, gunakan bahasa yang dimengerti oleh anak kecil, misalnya menggunakan kata ‘kamu’ daripada ‘anda.’ Agar sugesti lebih kuat teringat, Anda bisa mengikat sugesti itu dengan obyek atau rutinitas yang biasa dimiliki oleh sang subyek. Contohnya, “Sewaktu kepala menyentuh bantal, tubuh Anda langsung rileks dan mudah tertidur dengan lebih cepat.”
Sekalipun biasanya sugesti yang pendek lebih efektif, namun ada kalanya sugesti yang panjang panjang dan deskriptif memberikan impresi yang lebih kuat daripada ungkapan pendek yang teknis dan abstrak; misalnya daripada menggunakan, “Nafsu makan Anda terkontrol,” lebih baik disampaikan dengan “Selera makan Anda menurun dan bisa dengan mudah Anda kendalikan.”

Terfokus pada tujuan, bukannya pada larangan.
Dalam studi hipnotis, CM tidak mengenal bentuk kata negatif seperti ‘jangan’, ‘tidak’, dan ‘bukan’. Akibatnya, jika disugesti, “Anda tidak suka merokok,” maka alam bawah sadar Anda akan menerimanya sebagai “Anda suka merokok.” Atau contoh lainnya, kalimat sugesti “Jangan makan berlebihan,” akan diinterpretasi alam bawah sadar sebagai anjuran untuk makan berlebihan.
Saya tidak percaya dengan konsep kata-kata negatif yang tidak bisa dikenali oleh alam bawah sadar. Jadi saya tidak memusingkan jika Anda keceplosan mengucapkan sugesti demikian. Saya memang menghindari hal-hal tersebut, namun bukan atas dasar kata-kata negatif, melainkan karena alam bawah sadar manusia mencerna dalam bentuk gambar. Jadi anjuran jangan merokok akan muncul diimajinasi berbentuk logo rokok yang dicoret; sekalipun ada coretannya, tapi rokoknya tetap ada di sana.
Jauh lebih baik jika sugestinya disusun ke arah tujuan, seperti misalnya “Kini rokok terhapus, lenyap dari hobi Anda sehari-hari.” Atau sugesti diet lebih baik disampaikan seperti, “Anda makan dengan porsi yang tepat persis kebutuhan tubuh.”

Terjadi sekarang.
Program yang ditanam dalam alam bawah sadar subyek Anda harus bersifat aktif sekarang. Jadi Anda menyampaikan sugesti, “Sekarang Anda membuang kebiasaan meracuni tubuh dengan rokok,” bukannya dengan sugesti “Nanti Anda akan membuang kebiasaan meracuni tubuh dengan rokok.” Kata-kata penanda waktu masa depan, seperti ‘akan’ dan ‘nanti’ sebaiknya dihindari.
Ini agar CM memahami bahwa ia sudah sembuh di dalam terapi, bukannya nanti setelah bangun, atau setelah berhadapan dengan godaan atau situasi yang sulit, dsb. Biasakan menanam sugesti yang mengimplikasikan kesembuhan saat ini juga, “Mulai sekarang Anda merasa netral saja setiap kali bertemu dengan mantan Anda,” atau “Anda sudah sembuh bebas lepas sepenuhnya dari trauma.”
Anda bisa pakai kata ‘nanti’ dan ‘akan’ untuk memperkokoh sugesti, seperti contoh berikut, “Kini Anda berhenti menggigit-gigit kuku. Dan setiap kali Anda menyadari itu terjadi, Anda akan semakin bingung mengapa dahulu suka mengigit kuku dan menganggap kebiasaan dahulu itu konyol.”


Terjemahkan Dalam Bahasa: by

Baca juga ini:



0 komentar:

Poskan Komentar

 
Photography Templates | Slideshow Software