Pertanyaan tentang Hipnotis (Bagian 1)

Apakah itu hipnotis?
Sebuah fenomena yang cukup paradoks dimana keadaan fisik Anda terasa sangat rileks nyaman namun kesadaran mental dan konsentrasi Anda sangat tajam serta awas. Menurut teori, ketika Anda mengalami hipnotis, aktifitas otak Anda berada pada kondisi yang menyerupai keadaan bengong atau menjelang tidur. Dalam kondisi ini, pikiran Anda menjadi sangat sensitif terhadap visualisasi dan sugesti. hipnotis merupakn sebuah pengalaman subyektif yang berbeda-beda dari satu orang ke orang lainnya, namun seluruhnya mengakui rasa rileks, tenang, dan nyaman seolah sedang bermimpi dan merasa malas untuk bangun.

Apakah saya bisa dihipnotis?
Sepanjang Anda memiliki fungsi otak yang normal, maka Anda selalu bisa dihipnotis. Pada dasarnya, semua upaya hipnotisme adalah upaya swa-hypnosis, alias Anda sendiri yang melakukannya untuk diri sendiri. Jika Anda memutuskan tidak ingin dihipnotis, maka tidak akan ada seorangpun di dunia ini yang mampu menghipnotis Anda. Namun bila Anda ingin atau sedang terbujuk untuk mengalami hipnotis, maka siapa saja di sekeliling Anda bisa menghipnotis Anda (bahkan sekalipun mereka tidak tahu bagaimana cara melakukannya!).

Apakah hipnotis itu ada bahayanya?
hipnotis adalah kondisi otak yang sangat normal. Sama seperti menjelang tidur, jika Anda mendengar sesuatu yang mengganggu, bertentangan dengan nilai-nilai yang Anda percayai, atau merugikan diri, Anda dapat mengeluarkan diri dari hipnotis dengan segera. Anda tidak akan terperangkap, terjerat, ataupun kehilangan kendali ketika sedang dihipnotis, karena sekalipun Anda dihipnotis oleh orang lain, yang terjadi sebenarnya adalah Anda sedang menghipnotis diri sendiri dengan bantuan orang lain.

Lalu bukankah ada kejahatan hipnotis?
Kasus kejahatan hipnotis sebenarnya adalah kasus kriminal biasa yang menggunakan strategi komunikasi persuasif yang terkandung dalam teori hipnotis, namun bukan menggunakan aplikasi hipnotis itu sendiri. Seseorang yang menjadi korban kejahatan demikian biasanya terbujuk, tertipu, diperas secara halus lewat skenario yang diciptakan oleh pelaku kejahatan. Jadi yang biasanya menjadi korban adalah mereka yang terlihat introvert, lugu polos, dan sendirian.

Bagaimana cara menghindari kejahatan hipnotis?
Ada banyak saran yang beredar tentang cara menangkal kejahatan dengan hipnotis: menepuk balik sang penghipnotis, menghentakkan kaki ke tanah beberapa kali, mengarahkan tangan ke bumi untuk mengeluarkan energi negatif, meniupkan kembali asap rokok ke penghipnotis, menutup kening Anda agar menangkal gelombang yang dikirimkan penghipnotis, memakai jimat atau merapal mantera, dsb. Sayangnya, semua hal itu salah dan menyimpang karena sama sekali tidak bersentuhan dengan prinsip dan mekanika hipnotis. Yang lebih mengerikannya lagi, nasihat-nasihat simpang siur seperti itu malah banyak diajarkan oleh para pakar dan pelatih hipnoterapi yang bersertifikat! Satu-satunya prinsip utama untuk menghindari upaya kejahatan tersebut dengan cara tidak mengijinkan diri Anda dihipnotis. Ada beberapa hal yang bisa Anda biasakan mulai dari sekarang untuk menghindari upaya-upaya kejahatan hipnotisme ini.
  1. Ucapkan kalimat ini lima kali dengan suara lantang, “Saya selalu memiliki kontrol penuh atas diri saya setiap saat, kapan saja dan dimana saja,” di pagi hari sebelum keluar dari rumah dan lima kali lagi sesaat setelah menyelesaikan makan siang. Lakukan hal tersebut setiap harinya selama satu minggu penuh untuk memprogram diri Anda agar selalu awas dan waspada akan keadaan sekitar.
  2. Bila Anda mengalami sesuatu yang mengejutkan atau diluar dugaan, biasakan untuk mengambil satu langkah mundur dan bernyanyi atau bersenandung lagu favorit Anda di dalam hati. Ini akan membantu Anda memecah konsentrasi agar tidak tenggelam dalam trance akibat kejutan yang telah terjadi sebelumnya.
  3. Setiap kali Anda bertemu dengan seseorang menawarkan sesuatu yang menggiurkan, ambil satu langkah mundur lagi dan gunakan logika Anda untuk menimbang apakah tawaran tersebut memang masuk akal atau terlalu berlebihan. Sebagai tambahan dari bersenandung, Anda juga dapat menggoyang-goyangkan badan seiring nada yang Anda nyanyikan. Semakin Anda menjauhkan diri, tubuh serta pikiran Anda aktif dengan kesibukan sendiri, semakin minim efek persuasif dari skenario yang disampaikan oleh lawan bicara Anda.

Apakah hipnotis itu ilmu mistik dan kekuatan supranatural?
Sama sekali tidak. hipnotis adalah seperangkat ilmu komunikasi yang disusun sedemikian rupa sehingga seolah-olah mampu mempengaruhi atau bahkan mengendalikan orang lain. Dalam konteks interaksi sosial, hipnotis berbicara tentang tehnik-tehnik persuasif, sementara dalam konteks terapi dan penyembuhan, hipnotis icara tentang pola komunikasi yang sugestif. Sekali lagi, Anda tidak dapat dipengaruhi, disugesti, dihipnotis jika Anda tidak ingin dipengaruhi, disugesti, dan dihipnotis. Tidak ada ilmu klenik yang terkait dalam proses hipnotisme, jadi jimat dan rapalan mantera tidak akan banyak membantu Anda dari pengaruh hipnotis.

Apakah saya bisa belajar melakukan hipnotis seperti di TV?
Tentu saja, bahkan Anda bisa melakukannya jauh lebih hebat lagi! Apa yang Anda sering saksikan lewat televisi dan film tentang hipnotis adalah sesuatu yang dikoreografikan untuk kebutuhan hiburan (entertainment) yang dikenal dengan nama Stage Hypnosis atau hipnotis Panggung. Sekalipun terdapat sejumlah mekanika dengan Hypnosis hipnotis onteks terapi (atau biasa dikenal hipnoterapi), keduanya berlandaskan pada prinsip yang sama. Seseorang yang mempelajari terapip hipnotis pastikan dapat melakukan hipnotis panggung, namun tidak selalu demikian sebaliknya.


Terjemahkan Dalam Bahasa: by

Baca juga ini:



0 komentar:

Poskan Komentar

 
Photography Templates | Slideshow Software